Administrasi, Informasi, Modul, Dan Berbagai Hal Yang Berkaitan Dengan Dunia Pendidikan

Rabu, 01 November 2017

Kumpulan Soal Latihan US/UN Untuk SD/MI Lengkap Dengan Pembahasannya

Kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Meskipun Ujian Nasional (UN) untuk tingkat SD/MI telah diubah menjadi Ujian Sekolah (US), namun soal-soal yang dipergunakan untuk US ini masihlah tidak jauh berbeda, dengan soal-soal UN di tahun-tahun sebelumnya. Tentunya, untuk mempersiapkan diri menghadapi pelaksanaannya diperlukan latihan dan persiapan yang matang, agar siswa dan siswi yang akan mengikuti US/UN dapat memiliki kesiapan.

Tips Sukses Menghadapi Ujian Sekolah (US) Atau Ujian Nasional (UN) :

Kumpulan Soal Latihan US/UN Untuk SD/MI Lengkap Dengan Pembahasannya

Ujian Sekolah (US) sebagai pengganti Ujian Nasional (UN) Untuk SD ini, mengujikan tiga mata pelajaran (Mapel) yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA). Nah untuk menghadapi US/UN, para sisiwa sebaiknya mempersiapkan diri dan mentalnya sebaik mungkin, dan ada beberapa tips yang dapat diikuti guna lebih siap dalam menghadapi ujian salah satunya Ujian Nasional. Tips apa sajakah itu?, berikut ini ulasannya :

  1. Menjaga Kesehatan. Hal terpenting, dalam menghadapi Ujian Nasional, adalah menjaga kesehatan tubuh dan mental. Boleh dibilang, tubuh Anda adalah aset milik Anda sendiri. Jika sudah jatuh sakit, jangankan keluar rumah untuk menjalani US/UN, untuk makan saja rasanya tidak ada semangat. Maka dari itu jagalah kesehatan tubuh, banyak makan yang mengandung vitamin, perbanyak makan buah-buahan dan sayuran, serta jangan lupakan berolahraga. Dan mulai belajar mengatur pola hidup. Saat sakit, ditakutkan Anda tidak bisa mengikuti Ujian Nasional.
  2. Buatlah Jadwal Untuk Belajar. Jangan hanya sekedar membuat jadwal belajar, Anda juga harus konsisten, dengan jadwal yang telah dibuat. Nah, bagi Anda yang sukanya SKS alias Sistem Kebut Semalam, rasanya kebiasaan ini harus Anda hilangkan. Memang Ujian Nasional bukanlah hal yang menentukan lulus atau tidaknya Anda dari SD, SMP maupun SMA Lagi. Namun, tetap Menjadi salah satu faktor penentu, ke depannya Anda seperti apa. Jadi rajinlah belajar, bila perlu buka-buka kembali materi, saat sebelum dan sesudah tidur. Waktu yang paling baik untuk mengingat materi adalah saat pagi hari. Bagi orang muslim, ada cara agar lebih fresh untuk belajar. Bangunlah saat sepertiga malam, lakukan shalat Tahajud, kemudian berdoa untuk kemudahan UN, dan langkah selanjutnya yaitu belajar.
  3. Pahami Kisi-Kisi UN. Jangan sia-siakan waktu, karena waktu Anda sudah tidak banyak lagi, untuk menghadapi Ujian. Mulailah belajar dengan rajin, tidak perlu semua materi dari semester awal hingga akhir Anda pelajari, cukup pahami kisi-kisi US/UN atau bila perlu buatlah rangkuman materi, untuk memudahkan dalam memahami materi. Selain mempelajari materi yang didapatkan dari sekolah, tidak ada salahnya Anda juga mencari materi melalui internet, yang penting jangan cari materi di luar kisi-kisi ujian.
  4. Perbanyak Latihan Soal. Agar tidak terlalu shock saat bertemu dengan beragam soal-soal ujian, adabaiknya Anda perbanyak latihan soal-soal yang sudah ada. Anda dapat mencarinya di internet. Download saja soal-soal ujian melalui internet, kemudian coba isi sesuai kemampuan Anda. Degan mencoba latihan soal ujian, saat hari ujian berlangsung setidaknya Anda tidak akan kebingungan, untuk menjawab karena sudah terlatih. Jika tidak memungkinkan untuk mendapatkan soal melalui internet, Anda juga dapat beli buku Kisi-Kisi UN yang pastinya sudah banyak saat ini, yang tersebar di toko-toko buku.
  5. Belajar Kelompok. Selain ada temannya dalam belajar, Anda bisa bertukar pikiran dalam membahasa, materi-materi yang belum dipahami. Jika sudah memiliki kisi-kisi UN, tidak ada salahnya untuk dibahas bersama, serta lakukan latihan soal bersama-sama. Jika Anda mendapat kesulitan, bertanyalah pada teman Anda, yang lebih pahami dengan materi tersebut. Inilah fungsinya belajar berkelompok. Tapi ingat, jika sudah berkumpul bersama teman, jangan ada acara di dalam acara.
  6. Tinggalkan Hal Yang Kurang Bermanfaat. Hal yang kurang bermanfaat harus dikurangi, karena ujian sudah di depan mata jadi Anda tidak boleh bersantai-santai, bahkan bisa menghilangkan semuanya. Jangan merasa terkekang dengan adanya UN ini, karena jika sudah berhasil melewatinya dengan baik bukan hanya Anda yang bahagia, melainkan orang-orang di sekitar Anda pun ikut merasakanya. Jadi, cobalah untuk meninggalkan hal-hal yang kurang bermanfaat, dan gunakan waktu Anda sebaik mungkin.
  7. Sesekali Bermain. Jika setiap hari yang Anda lakukan adalah belajar, tidak ada salahnya sesekali untuk bermain, agar pikiran sedikit kembali fresh. Untuk menghadapi ujian nasional, pikiran jangan sampai stres. Karena nantinya, semua materi yang sudah dipelajari, justru akan terlupakan kembali karena stres. Lakukan sedikit olahraga baik jogging, renang, ataupun hal lainnya, yang membuatmu kembali fresh.
  8. Berdoa Dan Pasrahkan Hasilnya Kepada Tuhan. Jika sudah melakukan usaha semaksimal mungkin, maka hal terakhir yang harus Anda perbuat, adalah perbanyak berdoa dan pasrahkan hasilnya pada Tuhan. Rajinlah beribadah, jika Anda Muslim jangan lupakan shalat lima waktu beserta sunnahnya, saat pagi hari lakukan juga shalat Duha, saat sepertiga malam lakukan shalat Tahajud, kemudian berdoa, dan mintalah kelancara serta kemudahan pada yang Maha Kuasa. Karena manusia hanyalah bisa berusaha dan berdoa, yang menentukan sukses atau tidaknya tetap Allah semata.
    (Sumber : https://blog.mamikos.com/8-tips-mudah-menghadapi-ujian-nasional-2017/)


Nah seperti yang telah dikatakan, dalam salah satu tips di atas bahwa untuk menghadapi US/UN, perlulah Anda memperbanyak latihan soal. Dan untuk bahan-bahan latihan dan persiapan diri dalam menghadapi US/UN untuk SD/MI, para siswa dan siswi dapat menggunakan soal-soal UN atau US SD/MI, yang telah digunakan pada tahun-tahun sebelumnya.

Dan bagi Anda yang sedang mencari Kumpulan Soal Latihan US/UN untuk SD/MI, yang telah digunakan pada tahun-tahun sebelumnya, Anda dapat mendownloadnya pada ulasan kami kali ini. Kumpulan soal latihan yang kami bagikan disini, telah dilengkapi dengan kunci jawaban serta pembahasannya, sehingga diharapkan dapat memudahkan dalam proses belajar.

Untuk selengkapnya, silahkan Anda mendownload Kumpulan Soal Latihan US/UN untuk SD/MI 2018, melalui link download yang telah kami sediakan di bawah ini. Akan tetapi perlu diingat, bahwa soa-soal yang akan keluar pada Ujian Nasional SD/MI nantinya, belum tentu sama dengan yang telah kami bagikan pada ulasan kali ini. Jadi untuk para pelajar SD/MI, tetap harus lebih giat dan terus ditingkatkan lagi proses belajarnya, karena ini hanya sekedar rujukan untuk memberikan gambaran soal yang mungkin keluar nantinya.

Kumpulan Soal Latihan US/UN Untuk SD/MI Lengkap Dengan Pembahasannya

Berikut Kumpulan Soal Latihan US/UN Untuk SD/MI 2018 :

Latihan Soal US/UN SD/MI 2018 Untuk Setiap Mata Pelajaran (Mapel)
Prediksi Soal US SD/MI Bahasa Indonesia Paket 1-2 (Download)
Prediksi Soal US SD/MI Matematika Paket 1-2 (Download)
Prediksi Soal US SD/MI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Paket 1-2 (Download)

Kumpulan Soal US/UN SD/MI 2018 Untuk Setiap Mata Pelajaran (Mapel)
Soal Prediksi UN SD/MI Bahasa Indonesia [1,2,3,4] (Download)
Soal Prediksi UN SD/MI Matematika [1,2,3] (Download)
Soal Prediksi UN SD/MI Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) [1,2,3] (Download)

Semoga Kumpulan Soal-Soal Latihan US/UN untuk SD/MI 2018 yang Anda download di sini, dapat bermanfaat sebagai bahan belajar bagi Anda untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi serta mengikuti, Ujian Sekolah (US) atau Ujian Nasional (UN) untuk SD/MI tahun ini. Diharapkan pula, contoh-contoh soal dan pembahasannya yang kami bagikan ini, dapat memberikan gambaran bagi Anda untuk menyelesaikan soal-soal yang disajikan nantinya.
Share:

Sample Text

Copyright © kurikulum-pendidikan1.blogspot.com | Powered by Blogger Distributed By Protemplateslab & Design by ronangelo | Blogger Theme by NewBloggerThemes.com